Paspor online


Merasa bikin paspor susah? Ternyata gampang,lo ngurus paspor sendiri tanpa harus menggunakan calo. Apalagi sekarang telah disediakan layanan paspor online. Sebenarnya kita tetap harus ke kantor imigrasi untuk menyerahkan dokumen asli beserta form hard copy yang harus kita isi, akan tetapi dengan menggunakan layanan paspor online ini kita menghemat satu tahap untuk pengurusan paspor :)

Hari ini saya mengurus sendiri paspor ke kantor imigrasi Denpasar. Sehari sebelum-nya saya mengisi formulir online di situs Imigrasi. Yang harus diperhatikan adalah tempat Anda nantinya akan mengurus paspor, tidak perlu sesuai dengan KTP atau tempat kelahiran. Sekarang mengurus paspor dimanapun bisa :) hehe… Setelah mengisi formulir online, Anda akan diminta untuk meng-upload sejumlah dokumen dalam format JPG, GRAYSCALE dan ukurannya tidak lebih dari 300KB. Berikut syarat2 dokumen yang diperlukan:

Umum:

  • KTP
  • KK
  • Akte Kelahiran/Ijazah/Akte Perkawinan
  • Surat Ganti Nama (Bagi yang memiliki)
  • Paspor RI lama (bagi permohonan penggantian paspor RI baru)
  • Surat Rekomendasi (bagi yg berstatus sebagai Karyawan swasta/PNS/TNI/POLRI)
  • Surat Resign (bagi yg berstatus sebagai karyawan tetapi telah mengundurkan diri dan sedang tidak bekerja)

Anak dibawah umur:

  • Surat pernyataan orang tua bermaterai
  • Fotocopy KTP orang tua
  • Fotocopy paspor orang tua
  • Akte perkawinan orang tua

Saya sendiri meng-upload KTP, KK, Akter Kelahiran, Paspor Lama dan Surat Resign. Kenapa harus mencantumkan surat resign padahal saya tidak mengisi pekerjaan saya di form?Ternyata dikarenakan di KTP saya ditulis “Karyawan Swasta” makanya mereka meminta surat rekomendasi dari atasan, sedangkan saya sudah tidak bekerja lagi hehe… :)

Setelah meng-upload semua dokumen yang diperlukan, nantinya akan diberi tanda terima permohonan dalam bentuk pdf. Tinggal print aja buktinya dan sertakan juga beserta dokumen asli & fotocopy besoknya ke kantor imigrasi.

Nah…besoknya datang saja ke kantor imigrasi *ingat…datangnya klo bisa pagi2 banget soalnya semakin siang semakin rame bok ^^;; * Trus dateng ke loket tempat penyerahan permohonan, jangan lupa sebutkan juga kalau Anda sudah melakukan registrasi online. Nantinya kita tidak akan diberikan nomor antrian alias dokumen kita akan langsung diambil untuk dicocokkan dengan data yang ada di sistem mereka *lebih cepet,kan? :) *

Setelah itu, kita akan langsung diberi bukti tanda terima permohonan, dan langsung bayar saja di kasir. Saya sendiri membayar Rp.270.000,- untuk 1 paspor *bayangin aja klo anda menggunakan calo yang biayanya bisa berkali2 lipat* Nah…disini nih yang lama nunggunya, berhubung kasirnya cuman satu dan yang mau bayar banyak jadinya lama juga nunggunya.

Setelah menyelesaikan pembayaran, langsung saja serahkan bukti pembayaran ke loket sebelumnya dan tinggal tunggu untuk dipanggil foto dan wawancara. Uda,deh selesai…Tinggal kembali aja 4 hari kerja kemudian untuk mengambil paspor. Ternyata ga ribet kan? cukup 2 kali datang, sedangkan untuk yang tidak online tidak bisa langsung foto dan wawancara pada hari itu juga dikarenakan mereka memerlukan waktu untuk meng-input data yang ada di form hard copy tadi ke sistem mereka. Simple dan mudah,kan? :D

About these ads

6 Comments (+add yours?)

  1. ian
    May 02, 2011 @ 20:02:32

    Surat resign itu yang tanda tangan kita atau pimpinan perusahaan di mana kita pernah kerja sih?

    Reply

    • eithnevm
      May 02, 2011 @ 22:54:26

      Surat resign itu surat yang kita dapat pas kita resign yang biasanya berisi pemberitahuan bahwa kita sudah ga kerja lagi di perusahaan tersebut mulai kapan, posisi kita terakhir apa, dll dll oleh HRD-nya.
      Jadi otomatis yang tanda tangan bukan kita,donk ;p

      Reply

  2. ulfa rusda
    Feb 24, 2011 @ 17:10:59

    mau tanya donk pas kmren pendaftaran online agak lama gak tuh msuk nya
    karna setelah upload surat2 koq setelah lanjut yang ada malah error yah..boleh minta info

    Reply

    • eithnevm
      Feb 24, 2011 @ 17:20:17

      halo…
      ga lama tuh… lumayan cepet masuknya…
      Setelah upload langsung dikirimin bukti berupa pdf ^^

      Reply

  3. fanny
    Dec 24, 2010 @ 13:14:23

    ooo gitu caranya :) hehehehe
    dulu pake calo :p
    wkwkwk

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 39,296 hits
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 397 other followers

%d bloggers like this: